Penyebab dan Cara Memperbaiki Vcruntime140 yang Bisa Kamu Coba

Penyebab dan Cara Memperbaiki Vcruntime140 yang Bisa Kamu Coba

Pernahkah kamu menemukan notifikasi bertuliskan “vcruntime140.dll is missing” saat menjalankan komputer? Notifikasi tersebut menunjukkan pesan error pada sistem operasi Windows di laptop atau PC milikmu. Biasanya kamu menemukannya saat membuka aplikasi atau program tertentu. 

Meskipun tidak berbahaya untuk komputer, namun vcruntime140 tentu saja mengganggu pekerjaan. Kamu perlu menemukan cara memperbaiki vcruntime140 agar komputer kembali seperti semula. Tidak perlu bingung-bingung mencari, artikel ini akan membahas selengkapnya untukmu!

Tentang Vcruntime140

Sebelum mengetahui cara memperbaiki error vcruntime140, kamu perlu tahu sedikit tentang vcruntime140. Vcruntime140 memiliki ekstensi .dll atau vcruntime140.dll. Jenis ekstensi ini merupakan ekstensi dari aplikasi Microsoft C Runtime Library. Ukurannya sangat kecil hanya 80 kb saja dan berada pada folder System32 yang ada di komputer milikmu.

Meskipun memiliki ukuran yang sangat kecil, akan tetapi vcruntime140 memiliki pengaruh besar, apalagi jika ada masalah pada ekstensi ini. Ada beberapa fungsi yang dimiliki, termasuk ketika menjalankan aplikasi tertentu. Jadi jangan heran apabila akan muncul error vcruntime140 saat membuka program atau aplikasi tertentu. 

Penyebab Error Vcruntime140

Ada beberapa hal yang menyebabkan error vcruntime140, berikut di antaranya:

1. Ekstensi Vcruntime140.dll di Komputer Terhapus atau Rusak

Penyebab pertama mengapa muncul error vcruntime140 yaitu karena file terhapus atau rusak. Apabila file hilang, maka kamu tidak bisa membuka aplikasi. Kamu harus mengunduhnya agar aplikasi berjalan secara normal.

2. File Visual Studio di Komputer Terhapus atau Rusak

Perlu kamu ketahui bahwa file vcruntime140 berhubungan dengan aplikasi Visual Studio. Ketika aplikasi rusak atau terhapus, maka error pun akan muncul. Aplikasi mungkin bisa rusak karena secara malware, virus, atau terhapus secara tak sengaja.

3. Kesalahan Creative Cloud Adobe

Penyebab error selanjutnya yaitu kesalahan Creative Cloud Adobe. Proses migrasi membuat aplikasi Adobe mungkin berjalan tidak normal. Oleh sebab itu, komputer milikmu akan muncul masalah vcruntime140 yang mungkin mengganggu. 

4. System Files Rusak atau Corrupt

System files sangat rentan terhadap error atau bahkan corrupt yang dapat mengganggu fungsinya. Apalagi jika kamu baru saja install ulang Windows 10 atau memakai aplikasi bajakan. Karena hal itu, pastikan selalu memakai aplikasi atau software asli. 

5. Sistem Komputer Terinfeksi oleh Virus atau Malware

Penyebab vcruntime140 yang terakhir yaitu komputer telah terinfeksi oleh virus atau malware. Malware memang sangat berbahaya karena mengganggu kerja komputer, salah satu efeknya yaitu muncul error vcruntime140.

Cara Memperbaiki Vcruntime140

Sudah paham mengenai ekstensi vcruntime140? Sekarang saatnya kamu mengetahui cara memperbaiki vcruntime140 yang error. Sebagai catatan, disarankan untuk menerapkan cara berikut ini memakai akun administrator. Langsung saja, beberapa cara yang bisa kamu pilih yaitu:

1. Ganti Vcruntime140.dll dengan yang Baru

Cara pertama bisa kamu terapkan apabila error vcruntime140 muncul pada saat membuka aplikasi tertentu. Error tersebut bisa diatasi dengan cara mengunduh secara manual, lalu menempatkannya pada file “.dll”. Adapun langkah-langkahnya yaitu:

  • Langkah 1: Unduh file vcruntime140.dll melalui link ini. Pilih versi 32-bit atau 64-bit, sesuaikan dengan sistem operasi Windows yang ada di laptop atau PC-mu.
  • Langkah 2: File yang kamu unduh berbentuk.zip. Selanjutnya buka file memakai WinRAR atau 7zip, lalu pindahkan ke  direktori aplikasi yang bermasalah.
  • Langkah 3: Mungkin akan muncul perintah replace atau mengganti file, pilih perintah “Replace”. Dengan begitu, file lama yang error akan digantikan oleh file baru.
  • Langkah 4: Coba buka aplikasi yang bermasalah. Perlu kamu ketahui bahwa cara ini hanya menghilangkan error vcruntime140 di aplikasi tertentu saja.
  • Selesai.

2. Gunakan System File Checker (SFC Scan)

Cara memperbaiki vcruntime140 selanjutnya adalah memakai SFC Scan yaitu tools bawaan dari sistem operasi Windows 10. Bahkan cara ini terbilang menjadi cara tercepat untuk memperbaiki file sistem yang hilang ataupun rusak. Langkah-langkah memakai SFC Scan di Windows 10 yaitu:

  • Langkah 1: Tekan tombol kombinasi berupa “Windows” + “R” secara bersama-sama untuk memunculkan tools Run. 
  • Langkah 2: Ketik cmd, lalu tekan tiga tombol kombinasi yaitu “Ctrl” + “Shift” + “Enter”. Kamu akan masuk ke layar command prompt. Pastikan mengizinkan command prompt membuat perubahan. 
  • Langkah 3: Pada cmd, ketikkan “sfc /scannow”, lalu Enter.
  • Langkah 4: SFC Scan akan melakukan pemindai komputer, tunggu sampai selesai. Apabila ada kesalahan, SFC Scan akan memperbaikinya secara otomatis.
  • Selesai.

3. Install Ulang Microsoft Visual C++ Redistributable Package

Masih belum berhasil juga? Kamu bisa mencoba cara selanjutnya yaitu dengan install ulang Microsoft Visual C++ Redistributable Package. Langkah-langkahnya pun sangat mudah yaitu sebagai berikut:

  • Langkah 1: Masuk ke halaman unduhan resmi Microsoft Visual C++ Redistributable dengan klik link ini
  • Langkah 2: Pilih Bahasa dan tekan tombol “Download”. Ada dua pilihan yaitu untuk sistem 64-bit (vc_redist.x64.exe) dan 32-bit (vc_redist.x86.exe). Pilih sesuai dengan sistem di laptopmu.
  • Langkah 3: Tekan “Next” untuk melanjutkan proses.
  • Langkah 4: Jika proses mengunduh selesai, buka file untuk instalasi. Lakukan instalasi aplikasi seperti biasanya.
  • Selesai.

4. Daftarkan Ulang File Vcruntime140.dll

Selain mengaktifkan SFC Scan, command prompt juga bisa dipakai untuk mendaftarkan ulang file “.dll”. Jadi file vcruntime140 yang hilang bisa muncul kembali secara otomatis. Langkah-langkah mendaftarkan ulang file vcruntime140 yaitu sebagai berikut:

  • Langkah 1: Tekan tombol “Windows” + “R”,lalu cari cmd.
  • Langkah 2: Bukan command prompt dengan menekan “Ctrl” + “Shift” + “Enter”.
  • Langkah 3: Batalkan pendaftaran file terlebih dahulu dengan mengetikkan perintah “regsvr32 /u vcruntime140.dll”.
  • Langkah 4: Daftarkan ulang file dengan mengetikkan perintah “regsvr32 vcruntime140.dll”
  • Langkah 5: Coba jalankan program atau aplikasi yang error
  • Selesai.

5. Install Ulang Aplikasi atau Program yang Error

Alternatif cara terakhir yang bisa kamu lakukan adalah install ulang game atau program yang mengalami error vcruntime140. Jika aplikasi mengalami masalah, hal tersebut biasanya karena Visual C++ tidak bisa bekerja sama. Kamu bisa melakukan install ulang dengan cara :

  • Langkah 1: Langsung masuk ke menu “Control Panel” di laptopmu.
  • Langkah 2: Pilih “Program”, lalu “Programs and Features”.
  • Langkah 3: Klik kanan pada aplikasi yang bermasalah, lalu “Uninstall”.
  • Langkah 4: Install kembali aplikasi atau program melalui file yang sudah kamu unduh.
  • Selesai.

Penutup

Nah, itulah informasi lengkap mengenai cara memperbaiki vcruntime140 yang error. Kamu bisa mencoba beberapa cara di atas sendiri karena terbilang mudah dilakukan. Pilih cara yang menurutmu paling mudah dan praktis. Semoga informasi di atas bisa mengatasi error vcruntime140 yang mengganggu pekerjaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *