Penyebab dan Cara Mengatasi SIM Card Tidak Terbaca

Penyebab dan Cara Mengatasi SIM Card Tidak Terbaca

Penyebab dan Cara Mengatasi SIM Card Tidak Terbaca – Halo sobat Pusat techno!, tentu kita semua sudah tahu apa itu SIM card atau kartu SIM. Apakah kamu pernah mengalami SIM card tidak terbaca tiba-tiba ketika kamu sedang dalam pemaikaian ponsel? Tentu kamu akan merasa bingung mengapa hal itu terjadi ditambah mungkin sedang dalam situasi yang genting akan membuat kita kesal. Memang tidak bisa dipungkiri lagi, secanggih dan sehebat apapun smartphone milikmu, tentu bukan apa-apa jika tidak memiliki kartu SIM.
Nah, ketika SIM card ini tidak terbaca,

lalu bagaimana cara mengatasi SIM card tidak terbaca ? Pastilah ada penyebab sehingga membuat kartu SIM tidak terbaca. Pasti juga memiliki beberapa penyebab yang bisa saja terjadi. Selanjutnya, kami akan membahas mengenai kartu SIM yang tidak terbaca ini. Simak ulasannya dibawah ini.

Penyebab SIM Card Tidak Terbaca

Apakah kamu mengalami kartu sim tidak terbaca pada smartphonemu? Ternyata ada penyebabnya loh sobat. Sama halnya dengan kartu SIM yang tidak ada layanan, jika kartu SIM tidak terbaca pun kita harus tahu penyebabnya.

Nah, mungkin salah satu penyebab mengapa kartu SIM tidak terbaca di smartphonemu adalah karena tiga hal di bawah ini. Simak ulasan lengkapnya.

1. Kuningan Pada Kartu SIM Rusak

Kuningan pada SIM card merupakan adalah komponen terpenting. Karena fungsi dari kuningan ini sendiri yaitu berisi data-data pengguna seperti nomor dan lain sebagainya. Ketika terlalu sering mengalami gesekan, kuningan ini bisa saja rusak ketika beberapa kali di pindahkan ke ponsel yang berbeda. Selain itu juga kuningan ini bisa rusak karena termakan usia.

Maka dari itu, coba kamu ingat-ingat lagi sudah berapa kali memindahkan kartu SIM ke HP yang berbeda. Siapa tahu karena hal tersebutlah SIM card tidak terbaca.

2. Usia Pakai Terlalu Lama

Nah, tentu segala sesuatu memiliki umurnya masing-masing. Bisa kamu ingat-ingat Kembali usdah berapa lama kamu memakai SIM card yang sama, mungkin sudah bertahun-tahun?

Hal yang perlu kamu ketahui ya sobat, plastik dan kuningan yang ada pada SIM card nantinya akan mengalami degradasi. Hal tersebut dimulai dari 3-5 tahun. Sehingga degradasi yang terjadi membuat material menjadi berkurang kelayakan pakainya.

Apabila hal ini terus dibiarkan maka bisa jadi akan semakin parah dan pada akhirnya membuat SIM card tidak terbaca pada Android milikmu.

3. Kartu SIM Overheat

Masalah panas berlebih umunnya seringkali terjadi di beberapa smartphone Android. Nah, penyebab lain SIM Card tidak terbaca adalah dikarenakan masalah ini, geng.

Posisi kartu SIM yang umumnya terletak dekat komponen rawan panas, menyebabkan benda ini menjadi overheat dan merusak kuningan beserta data di dalamnya.

Jadi, buat kamu yang bertanya kenapa HP tidak bisa membaca kartu SIM setelah HP mengalami panas berlebih, sekarang sudah tahu jawabannya dong?

Baca Juga : Mengenal Teknologi 5G : Manfaat, Kelebihan dan Kekurangan

Cara Mengatasi SIM Card Tidak Terbaca

Nah, setelah kita tahu apa penyebab dari kartu SIM yang tidak terbaca ini, mari kita simak apa saja cara untuk mengatasi hal ini. Semoga dengan membaca ini, kamu jadi bisa memperbaiki kartu SIM mu yang tidak terbaca.

Namun, jika hal kartu SIM tidak terbaca, biasanya kita tidak bisa melakukan panggilan telpon dan sms juga paket internet. Selain itu, kemungkinan besar kontak yang tersimpan pada SIM card bisa saja hilang atau terhapus.

Meski demikian, kamu jangan panik dulu. Bisa saja kemungkinan yang terjadi tidak terjadi dan kartu SIM masih bisa diperbaiki. Berikut ini cara memperbaiki SIM card tidak terbaca

1. Bersihkan SIM Card

Cara mengatasi SIM card tidak terbaca yang pertama mudah dan simple yang bisa kamu lakukan yaitu dengan membersihkan slot kartu SIM. Karena biasanya terdapat kotoran kecil atau debu yang menempel. Lalu bagaimana cara membersihkannya?

Pertama buka dan lepas kartu SIM yang tidak terbaca dari slotnya pada smartphonemu, kemudian silahkan kamu bersihkan dari debu dan kotoran yang menempel yang mungkin mengganggu kinerja kartu SIM kamu. Kebanyakan orang membersihkan slot kartu SIM ini menggunakan penghapus kemudian menggosokkannya ke kuningan secara perlahan agar kuningan tidak tergesek terlalu keras.

Jika sudah, kamu bisa memasang Kembali kertu SIM ke slotnya dan cobalah untuk menghidupkan smartphone dan lihat responnya. Jika masih belum terbaca cobalah untuk merestart HP mu dan lihat Kembali.

2. Matikan Smartphone dan Coba SIM Card Lain

Sama seperti yang sudah kami jelaskan di atas. Anda bisa mencoba melakukan restart atau juga bisa mematikan ponsel dan tunggu beberapa saat kemudian hidupkan Kembali. Jika masih tidak bisa, coba kamu masukan SIM card lain dan lihat apakah smartphone membacanya.

Jika iya, maka yang rusak adalah SIM card lamamu. Namun jika sebaliknya maka yang rusak adalah hardwear pada smartphonemu. Cara ini merupakan cara ampuh mengatasi kartu SIM yang tidak terbaca yang bisa kamu coba sendiri di rumah.

3. Reset Jaringan

Apabila slot SIM card 2 yang tidak terdeteksi tapi pada slot SIM card 1 berfungsi baik, bisa saja kemungkinan yang terjadi adalah operator selular sedang error sehingga membuat SIM card tidak berfungsi secara semestinya.

Nah, ternyata ada caranya loh sobat. Untuk mengatasi problem yang satu ini, kamu bisa mereset jaringanmu dengan cara berikut ini.
Biasanya setting ini bisa dilakukan secara otomatis, namun apabila tidak bisa, kamu bisa mengatur ulang dengan cara manual pada smartphone melalui menu Settings – Network & Internet – Mobile network – Access Point Names.

Kemudian kamu tinggal megatur sendiri APN sesuai dengan jaringan serta operator secara manual.

4. Factory Reset

Factory reset adalah kondisi dimana smartphonemu di reset ke pengaturan pabrik sehingga kondisi smartphone bisa kembali semula seperti baru. Hal ini bisa kamu coba di rumah apabila masalah SIM card tidak terbaca masih saja terjadi setelah melakukan cara diatas.

Ketika kamu melakukan factory reset, tentunya kamu harus mem-back up dulu data-data yang tersimpan di smartphone tersebut. Karena hal ini juga harus dilakukan secara hati-hati, sebab hal ini akan mebuat data-data dan semua informasi yang tersimpan akan terhapus secara permanen.

Jadi sebelum melakukan reset, pastikan dulu kamu sudah mem-back up datamu ya sobat.

5. Konsultasi Ke CS

Nah, Adapun cara mengatasi SIM card tidak terbaca yang terakhir yaitu silahkan kamu hubungi atau mendatangi custumor service sesuai dengan operator seluler yang kamu gunakan. Disana silahkan kamu untuk berkonsultasi dan custumor service akan membantumu menyelesaikan masalahmu.

Tentu saja hal ini merupakan pilihan terakhir yang dapat kamu lakukan sekaligus agar tidak menimbulkan resiko yang berlebihan pada kartu SIM serta smartphone. Karena disini, akan ditangani oleh tenaga ahli yang sudah paham dengan permasalahan yang terjadi.

Nah, itulah tadi ulasan mengenai cara mengatasi SIM card tidak terbaca pada smartphone Android maupun iPhone. Semoga ulasan yang kami berikan dapat memberikan informasi yang bermanfaat serta membantu sobat sekalian dalam menyelesaikan masalah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *