5 Teknologi Masa Depan Ini Bisa Mengubah Bagaimana Manusia Bekerja!

Berbicara tentang masa depan, sebagai manusia sah-sah saja jika merasa ketar-ketir. Terlebih kalau selama ini kamu bekerja dalam ranah digital, yang notabene lebih cepat mengetahui informasi terkait topik ini. Ada teknologi yang sudah diluncurkan, namun ada juga yang masih menjadi rencana atau gambaran awal.

Daftar teknologi yang akan Pusat Techno bahas pada kesempatan ini adalah yang sudah muncul di dunia. Sudah mendapat tempat khusus, serta berhasil mengubah bagaimana manusia bekerja.

Sedangkan teknologi di masa mendatang yang belum terealisasi karena alasan tertentu misalnya: teknologi teleportasi, kendaraan terbang, hingga alat pindah ruang dan waktu. Teknologi ini cukup mengerikan, karena melawan hukum konvensional yang sudah lama kita pegang.

Lebih ke Ngeri! Ini 5 Teknologi Masa Depan yang Akan Mengubah Kehidupan Manusia

3. 5 Teknologi Masa Depan Ini Bisa Mengubah Bagaimana Manusia Bekerja!
Src: Pexels

Melihat daftar di bawah ini, kira-kira apa yang kamu rasakan tentang teknologi masa depan 10 tahun yang akan datang? Apakah teknologi pada akhirnya menguasai berbagai sektor kehidupan manusia, mengambil alihnya, dan manusia bukan lagi subjek dalam kehidupan?

1. Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence/AI)

Teknologi masa depan yang pertama tentu saja Artificial Intelligence (AI), yang sudah sangat umum kita dengar. Semua sektor ada AI! Bahkan menurut pemilik Tesla, Elon Musk mengatakan bahwa AI memang powerful sekaligus sangat berbahaya!

Sebab, AI memiliki kesadarannya sendiri!

Sekarang, kamu bayangkan bagaimana sebuah teknologi yang notabene tidak pernah lupa, salah, luput, atau memiliki nafsu seperti manusia. Kemudian mengumpulkan semua (anything) informasi di seluruh dunia, dan menggunakan segala sumber daya itu untuk menggeser peran manusia di kehidupan.

Pada tahun ini, setidaknya ada AI dari OpenAI, Google AI, dan ribuan AI lainnya dalam berbagai sektor! Ribuan? Ya, kamu tidak salah baca, ada ribuan!

Mulai dari AI untuk editing gambar, video, podcast, pembuat website, pengganti suara, meme otomatis, analisis, review buku/jurnal, coding, bahkan yang lebih mengerikan adalah AI untuk membuat AI! Saya cukup serius membahas AI, dan ini bisa kamu jadikan patokan untuk waspada!

Batas kemampuan AI masih belum bisa diketahui, mereka seperti sesuatu yang tidak tampak tetapi sangat kuat dalam segala hal. Jadi, untuk kamu yang bekerja di ranah digital, tidak boleh ketinggalan atau menurunkan kualitas pekerjaan dari AI!

2. Internet of Things (IoT)

Penerapan IoT dalam kehidupan manusia seperti mengontrol objek fisik melalui nirkabel. Contoh paling mudah adalah menyalakan atau mematikan lampu rumah dengan HP atau hanya dengan perintah suara. Teknologi seperti itu sudah muncul di dunia, terutama di Tiongkok dan Jepang.

Secara garis besar, Internet of Things dapat melakukan sinkronisasi data antara smarthome, kendaraan, dan perabotan yang lain. Pada waktu bersamaan, seolah-olah manusia sudah tidak memiliki privasi sama sekali. Sekali teknologi ini kamu pasang di rumah yang punya CCTV, hacker yang menembus pertahanan dapat kontrol penuh atas semua data dan objek fisik.

3. Teknologi Blockchain

Jika sebelumnya kamu belum pernah menaruh fokus ke dunia cryptocurrency, mungkin masih asing dengan teknologi Blockchain. Teknologi ini sangat populer di crypto, yang memungkinan memberi koneksi terintegrasi aman dan terjaga.

Kabarnya, teknologi Blockchain akan turut diterapkan pada sektor lain, seperti keamanan data, pasokan barang, pemungutan suara elektronik, serta bidang yang memiliki data-data penting yang perlu penjagaan dalam transaksi.

4. Virtual Reality (VR)

VR dan AR (Augmented Reality) kalau di anime, kamu masuk ke isekai (dunia lain). Nah, di dalam isekai atau dunia lain itu, kamu dapat melakukan banyak hal sebagaimana ketika berada di dunia nyata (bumi). Penerapan VR dan AR konon memberi manfaat pada dunia pendidikan, perkembangan gim online, pelatihan, desain 3D, rapat online, pariwisata, sampai jual-beli atau sewa lahan di dunia lain.

Lahan yang kamu sewa di dunia lain, dapat kamu bangun ruko misalnya. Kemudian tinggal menambahkan produk yang bisa orang lain beli.

Tampaknya dunia ini sudah benar-benar gawat, ya? Tetapi teknologi masa depan belum berhenti sampai hanya sampai sini.

5. Kendaraan Listrik, Smarthome, dan Perabotan Rumah Berkelanjutan

Seseorang yang bekerja tambal ban, mungkin masih bisa bersantai dan tenang saat AI menggempur nyaris semua sektor kehidupan manusia. Tetapi apakah ia masih bisa tenang ketika mobil terbang sudah umum di pasaran?

Fakta ini cukup paradoks, entah kapan, tetapi ini pasti terjadi karena perkembangan teknologi terus mengalami kemajuan. Yang sekarang sudah ada di dunia adalah kendaraan listrik, lengkap dengan AI yang bisa menyetir sendiri.

Kamu tidak perlu bisa menyetir untuk mengendarainya, cukup setting ingin ke mana, maka mobil mengantarkan ke tujuan dengan selamat. Begitu pula dengan smarthome, rumah pintar yang membawa teknologi modern tak terelakkan.

Jika kamu pernah melihat Jarvis di film Iron Man, mirip seperti itu! Rumah bisa kamu beri perintah hanya dengan suara, dan sistem AI yang tertanam di rumah langsung memberikan sesuai perintah.

Saya pribadi lebih merasa ngeri daripada kagum, kalau pendapat kamu tentang teknologi masa depan ini bagaimana?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *