10 Trik Android Tersembunyi, Wajib Anda Tahu dari Sekarang

10 Trik Android Tersembunyi, Wajib Anda Tahu dari Sekarang

Tips dan trik Android tersembunyi ini wajib Anda coba, sebab dapat memudahkan serta memberi efisiensi untuk para pengguna. Namun sebagai disclaimer di awal, umumnya sistem operasi Android sudah mendapatkan modifikasi dari pengembang atau brand.

Contoh gampangnya, kalau HP Anda adalah Xiaomi, sistem operasinya memang Android tetapi memperoleh beberapa modifikasi, sehingga namanya menjadi MIUI. Begitu pula dengan Android dari Samsung, Realme, Sony Xperia, dan sebagainya.

Berbeda jika Anda menggunakan Google Pixel, yang mana membawa pembaruan langsung dari Google sendiri. Benang merahnya di sini, Google Pixel adalah produk smartphone dari Google. Sedangkan Android juga merupakan sistem operasi HP milik Google.

Secara otomatis, kalau HP dan OS-nya sama-sama dari satu rahim. Tentu masih pure, murni, dan belum mendapatkan modifikasi seperti pada brand-brand HP lainnya. Maka dari itulah, trik di bawah ini mungkin saja tidak semua dapat Anda terapkan di HP tertentu.

Daftar Trik Android Tersembunyi (Mulai Android 9 sampai Android 13 Terbaru)

Berikut ini merupakan tips untuk pengguna Android dari versi 9 sampai 13 (Tiramisu) yang terbaru. Sebelum itu, lakukan cara melihat Android versi berapa di HP Anda. Caranya dengan masuk ke menu pengaturan > tentang telepon > versi Android.

10 Trik Android Tersembunyi, Wajib Anda Tahu dari Sekarang
Trik Android Tersembunyi

1. Menghemat Baterai Android dengan Mode Diam

Secara umum, Android akan meminimalisir penggunaan baterai ketika tidak digunakan. Walaupun sedang Anda gunakan, cobalah masuk ke mode diam. Setiap brand smartphone sudah membekali fitur bawaan seperti mode diam atau penghemat daya. Sebenarnya cara kerjanya hampir sama, yaitu mengurangi operasi di latar belakang.

Sebagaimana manusia, HP pun juga demikian. Ketika manusia bekerja fisik yang sangat keras, maka membutuhkan semakin banyak makanan sebagai sumber tenaganya. Sedangkan manusia yang hanya rebahan seharian di kamar, tidak makan 2 hari pun bukan jadi soal.

2. Charge Android Lebih Cepat di Colokan Listrik

Mengecharge HP di laptop, komputer, atau power bank bisa menjadi pilihan dalam keadaan darurat. Tetapi kalau tidak darurat amat, jika ada colokan listrik lebih baik mengecharge di sana. Pasalnya, charger smartphone memang didesain untuk mengontrol tegangan langsung dari listrik rumah. Tujuannya biar energi listrik yang masuk itu maksimal.

3. Menyembunyikan Nomor Telepon dengan #31#

Trik Android tersembunyi berikutnya merupakan bawaan pabrik. Di mana setiap brand HP dapat melakukan panggilan nomor pribadi dengan menambahkan #31# di depan nomor tujuan. Misalnya, Anda ingin menghubungi nomor 081234567, maka ubah menjadi #31#081234567, klik panggil agar private (nomor pribadi).

4. Mengaktifkan Mode Tamu Jika Meminjamkan Android ke Orang Lain

Salah satu fitur Android 12 yang sangat berguna, terlebih ketika Anda sering meminjamkan HP ke orang lain. Agar orang tersebut tidak membuka sesuatu yang privat, ubah terlebih dulu ke mode tamu. Caranya pengaturan sistem > lanjutan > beberapa pengguna (atau langsung ketik ‘pengguna’ di pencarian pengaturan).

Setelah masuk ke pengguna, tambahkan akun tamu, klik ikon gerigi untuk membuat pengaturan tambahan pada mode ini. Untuk berpindah dari mode tamu ke mode normal, Anda perlu menghapus atau mengganti akun tamu tersebut.

5. Tombol Power Rusak? Ketik *#*#7594#*#* di Keypad

Amit-amit ya, tetapi kalau tombol power fisik di HP Anda rusak, tidak perlu bingung. Anda cukup ketik *#*#7594#*#* untuk masuk ke pengaturan power. Dengan cara ini, Anda dapat turn off, restart, mode diam, atau custom menu lainnya.

6. Trik Android Tersembunyi dengan Gesture Typing

Anda yang sering menggunakan keyboard di HP, wajib install GBoard (Google Keyboard) dari PlayStore. Mengapa? Sebab di sana ada gesture typing yang memudahkan penggunaan. Seperti menghapus per karakter, memindah kursor dengan spasi, atau pengetikan gestur langsung.

Sebagai bocoran, fitur GBoard di Android lebih detail dan enak daripada GBoard di iPhone untuk tahun 2023 ini.

7. Akses Cepat Aplikasi Terkini dengan Gesture Navigation

Menjadi fitur bawaan Android 9 ke atas yang mendukung navigasi gestur. Menggunakan navigasi jenis ini alih-alih navigasi tombol, membuat tampilan layar utama HP Anda lebih luas. Untuk kembali tinggal geser dari samping, home seret ke atas dari bawah, sedangkan untuk aplikasi terkini seret ke atas dari bawah dan tahan.

8. Double Tap untuk Menghidupkan atau Mematikan Layar

Terdengar remeh ya, padahal ini memudahkan ketika Anda ingin mematikan atau menyalakan HP tanpa perlu memencet tombol power. Untuk mengaktifkan menu ini, Anda tinggal masuk ke pengaturan, kemudian cari ketuk dua kali atau double tap.

9. Papan Klip Bawaan untuk Copy Paste Double di Android

Masih dari keyboard bawaan Android, GBoard, Anda dapat mengaktifkan papan klip untuk copy-paste double. Jika copy-paste di laptop hanya bisa 1x yang terakhir, di Android malah bisa berkali-kali dari apa yang kita copy sebelumnya.

Fitur ini juga memungkinkan Anda memberikan pin, agar hasil copy-paste berada di urutan paling atas papan klip.

10. Magic Multitasking dengan Pembagian Layar

Ada banyak istilah untuk fitur magic multitasking tergantung pada merek HP. Misalnya pembagi layar, layar terpisah, atau yang lainnya. Pada intinya, fitur ini dapat membuka 2 atau lebih aplikasi yang berjalan bersamaan.

Itulah beberapa trik Android tersembunyi yang bisa Anda terapkan dari sekarang. Cocok sekali untuk Android 13 boros baterai, sehingga menjadi lebih hemat. Temukan informasi menarik lainnya di Pusat Techno!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *